oleh

Bupati Rohil Suyatno dan Gubri Syamsuar dampingi Moeldoko

MediaTrENRIAU.com, Baganbatu – Sekitar pukul 09.00 wib Helikopter berwarna putih pelan-pelan mendaratkan bodinya di lapangan sepakbola Bagan Manunggal Kecamatan Bagan Sinembah pada Sabtu (23/2/2019) kemaren. Setelah pendaratan sempurna, kemudian para penumpang yang berada di Helikopter membuka pintu selanjutnya satu persatu keluar dari heli tersebut. Tampak keluar dari heli itu pria berkemeja putih di lapisi jaket kulit hitam, Ia menggunakan kacamata dan bertopi, Dia adalah kepala staf kepresidenan Republik Indonesia (KSP) Jenderal TNI (purn) Moeldoko. Kemudian tampak juga pria menggunakan kemeja putih, Ia gubernur Riau yang baru dilantik H.Syamsuar. Rombongan mereka disambut oleh bupati Rokan Hilir (Rohil) H.Suyatno, kejari Rohil Gaos Wicaksono,SH.MH, Kapolres Rohil AKBP Sigit Adiwuryanto,SIK,MH, Dandim 0321/Rohil LetKol (inf) Didik Efendi SIP,  ketua DPRD Rohil Nasrudin Hasan dan anggota DPRD Rohil, setdakab Rohil Drs H.Surya Arfan,Msi, camat Bagansinembah Sakinah, sejumlah pimpinan pratama dan administrator OPD di lingkungan pemdakab Rohil, okp dan ormas serta warga masyarakat baganbatu.

 

Kemudian KSP Moeldoko disambut oleh Ketua Ikatan Keluarga Besar Antar Suku Bagan Sinembah (IKBAS), H Wan Muchtar Noor. Ketua IKBAS mengenakan tanjak ke kepala KSP Moeldoko, kemudian selempang dan kain songket kuning. Selanjutnya rombongan KSP dan gubri diarahkan menuju  kepenghuluan Kencana, Kecamatan Balai Jaya.

Setibanya di lokasi, dilaksanakan acara program peremajaan kelapa sawit di Rokan Hilir (Rohil).  Penanaman perdana sawit rakyat dilaksanakan oleh Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jend. TNI (Purn) Moeldoko. Peremajaan dan penanaman kelapa sawit rakyat tahap II ini seluas 420 hektare dengan jumlah 167 Kepala Keluarga (KK).

 

Kemudian dilanjutkan penyerahan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), juga dilaksanakan penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat melalui program Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap (PTSL).

 

Bupati Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) H.Suyatno menjelaskan bahwa Presiden RI Joko Widodo telah memberikan solusi terhadap 10.500 hektar kebun sawit rakyat yang kurang produktif melalui kebijakan program sawit rakyat (PSR).

 

Lanjutnya mengatakan, masyarakat kabupaten Rohil, khususnya masyarakat petani kelapa sawit, melalui dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian pada tahun 2019 ini telah memprogramkan peremajaan dan penanaman perdana kelapa sawit rakyat seluas 2,677 hektar di empat kecamatan yakni   Kecamatan Balai Jaya seluas 500 hektare, Kecamatan Bagan Sinembah 327 hektare, Kecamatan Tanah Putih 1.250 hektare, dan Kecamatan Sinaboi 600 hektare.

 

Suyatno juga menjelaskan  Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Rokan Hilir. Dia menjelaskan bahwa program Presiden Jokowi tentang Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Rokan Hilir pada tahun 2014 hingga 2019 ini telah tersalurkan dana bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) sebesar Rp 204.347.375.000,- (Dua ratus empat milyar, tiga ratus empat puluh tujuh juta, tiga ratus tujuh puluh lima ribu rupiah), yang tersalur kepada 16.534 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

 

Kemudian itu, kata orang nomor satu di pemerintahan kabupaten Rokan Hilir ini, di luncurkannya program Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap (PTSL) pada tahun 2017 lalu hingga 2019 ini, kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Rokan Hilir telah melakukan pengukuran dan penerbitan 20.135 persil sertifikat tanah untuk rakyat di kabupaten Rokan Hilir. Program ini, kata Suyatno, banyak dirasakan manfaatnya baik oleh pemerintah daerah Rokan Hilir maupun bagi masyarakat Rokan Hilir.

 

“Selain memberikan kepastian dan Perlindungan Hukum Hak Atas Tanah Rakyat, juga dapat dijadikan Agunan dalam memperoleh bantuan modal usaha,” ucap H Suyatno.

(Advertorial/humas pemkab rohil)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed