oleh

Rokan Hilir Terima Penghargaan Nilai Prestasi “B” SAKIP 2018 Dari Menteri PAN RB

MediaTrENRIAU.com, JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir menerima penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) atas prestasinya dalam Akuntabilitas Kinerja Tahun 2018 dengan predikat nilai B. Penghargaan tersebut di terima pada hari ini, Senin (28/02/2018) pada acara Apresiasi dan penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Sistim Akuntantabilitas kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2018 Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota Wilayah I di Aula The Trans Luxury Hotel Jln.Gatot Subroto no 289 Bandung Jawa Barat. Demikian hal ini dijelaskan oleh Inspektur Rohil H.M Nur Hidayat,SH,MH kepada media ini.

Sebanyak 185 Pemerintah Kabupaten/Kota dan Provinsi di Wilayah I diberikan hasil evaluasi serta rekomendasi perbaikan yang harus di lakukan untuk tahun selanjutnya. Dari Pemerintahan Kabupaten Rokan Hilir yang hadir dalam acara penerimaan tersebut wabup Rohil Drs Jamiludin, Setdakab Rohil Drs Surya Arfan,Msi, kepala BAPPEDA Rohil H.M Job Kurniawan,AP,Msi, Inspektur Rohil H.M Nur Hidayat,SH,MH, dan sekretaris inspektorat Sarman Sahroni.

Acara diawali dengan sambutan panitia oleh M.Yusuf Ateh, Deputi Kemen PAN & RB Bidang aparatur Pengawasan diteruskan oleh Gubernur Jawa Barat , M.Ridwan Kamel, selaku tuan Rumah. Selanjutnya sambutan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Komjen Drs M.Syafruddin,Msi sekaligus Penyerahan rapor hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Wilayah I.

Evaluasi SAKIP wilayah I meliputi Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa Barat dan Banten.

“Penghargaan Sakip Award Tahun 2018 dengan tema “making award making history” ini untuk pemerintah Kabupaten Rokan Hilir diterima oleh Wakil Bupati Drs.H.Jamiludin,”tutur Inspektur Rohil H.M. Nur Hidayat SH,MH.

Hasil Evaluasi SAKIP untuk wilayah Provinsi Riau, Kabupaten Rokan Hilir menerima penghargaan prestasi dengan nilai predikat “B” begitu juga Provinsi Riau, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Inhu, Kabupaten Meranti dan Kuansing yang juga nilai predikat “B” sedangkan Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Kampar, Kabupaten Rohul, Kabupaten Inhil, Kabupaten Pelalawan masing-masing menerima prestasi dengan nilai predikat “CC”.

Selanjutnya, Wakil Bupati Rokan Hilir (Rohil) Drs Jamiludin menjelaskan untuk tahun 2019 ini,  pemerintah kabupaten Rokan Hilir berkomitmen mencapai nilai predikat “BB”. Oleh sebab itu, dukungan dari OPD (Organisasi Perangkat Daerah) sangat di perlukan untuk pencapaian nilai Predikat “BB” tersebut.

Dikatakannya, pemdakab Rohil pada tahun 2016 lalu meraih nilai “C” selanjutnya di tahun 2017 mendapat nilai “B” kemudian ditahun 2018 mendapat nilai “B”.

Orang nomor dua di birokrasi Kabupaten Rokan Hilir ini berharap pada tahun selanjutnya Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemdakab Rohil agar lebih giat lagi dalam kerja dan kinerja. Ia menginginkan OPD di Pemdakab Rohil mampu melakukan pengelolaan penggunaan anggaran.

“Kita berkomitmen tahun 2019 berjuang dan berusaha untuk meraih nilai predikat “BB”. 16 OPD yang di evaluasi untuk meraih predikat akan ditingkatkan menjadi 20 OPD. Diharapkan dukungan dari OPD,”paparnya.

Sedangkan sekdakab Rohil Drs Surya Arfan,Msi menjelaskan dengan hasil evaluasi SAKIP 2018 ini pemdakab Rohil berkomitmen untuk meraih predikat “BB” pada tahun 2019 dengan dukungan kerja keras semua OPD.

Dikatakannya, meningkatkan efektifitas dan efisiensi penggunaan anggaran dilingkungan OPD pemdakab Rohil dapat terwujud jika ada keseriusan dalam mengelola anggaran sesuai aturan.

“Semua OPD harus bekerja keras agar prestasi predikat tahun 2019 lebih baik dari tahun 2018. Kita harus capai minimal nilai predikat “BB”. Karena pencapaian nilai predikat sebagai bukti keseriusan pemerintah daerah Rohil dalam pencapaian prestasi  kinerja,”pungkasnya.

(advertorial)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed