oleh

Kencur Membawa Berkah : Bupati Rohil H.Suyatno Lihat Langsung Hamparan Kebun Kencur Masyarakat Sei Nyamuk

Media TrENRIAU.com, Sei Nyamuk – Bupati Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) H.Suyatno bersama camat Sinaboi Tengku Hasym mengunjungi kebun kencur masyarakat, Selasa (23/04/2019). Seluas 5 hektar lahan masyarakat jalan Poniman Ujung Desa Sei Nyamuk kecamatan Sinaboi menanam kencur untuk tanaman tumpang sari.

Bupati Kabupaten Rokan Hilir H.Suyatno sangat bangga dan mengapresiasi kepada para petani di sei nyamuk yang kreatif dalam bercocok tanam. Karena para petani dapat memanfaatkan lahan dengan menanam kencur sebagai tanaman tumpang sari.

“Bayangkan saja jika di Rohil semakin banyak petani kreatif menanam beragam tanaman lainnya. Insha Allah masyarakat Rohil kedepannya bertambah makmur,”ujar H.Suyatno.

Luas lahan lima hektar yang ditanam kencur oleh masyarakat dengan tertata rapi dan bersih dari rerumputan membuat enak mata memandang. Suasana saat itu terik matahari tanpa acara seremonial. Bupati Rohil H.Suyatno dengan menggunakan baju putih lengan panjang dan camat Sinaboi Tengku Hasym akhirnya berteduh dari sinar panasnya matahari. Orang nomor satu di pemerintahan itu pun memandang lahan masyarakatnya yang terpapar luas ditanami kencur.

“Rohil ini kaya akan alamnya jika dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,”tandas H.Suyatno.

Tanaman kencur di Desa Sei Nyamuk ini dalam dua bulan lagi sudah bisa di panen dengan hasil bisa mencapai  puluhan ton. Saat ini per april 2019 harga kencur di pasar induk Jakarta sebesar Rp 550,_ per ons. Biasanya harga kencur basah di pasaran berkisar antara Rp 5.000,_ sampai Rp 9.000,_ per Kg. Bahkan Jelang Lebaran harga kencur basah bisa mencapai Rp 12.000,_ sekilogram. Sedangkan harga kencur kering antara Rp 20.000,_ sampai Rp 90.000,_.

Kencur merupakan komoditi rempah-rempah makanan dan jamu. Bahkan kencur saat ini di eksport ke beberapa negara eropa untuk dijadikan bahan racikan makanan penyedap rasa. Oleh sebab itu nilai jual-beli kencur di pasar terjadi naik dan turun seiring dengan banyak dan tidaknya permintaan.

Kencur dikenal sebagai salah satu jenis empon-empon/tanaman obat yang tergolong dalam suku temu-temuan. Rimpang atau rizoma tanaman ini mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang dimanfaatkan sebagai stimulan. Kencur biasanya hidup di daerah dataran rendah atau pegunungan yang tanahnya gembur dan tidak terlalu banyak air. Biasanya daun kencur tidak lebih dari 2-3 lembar (jarang 5) dengan susunan berhadapan, tumbuh menggeletak di atas permukaan tanah.

Kunjungan orang nomor satu di Rokan Hilir (Rohil) secara dadakan, tidak disangka-sangka oleh masyarakat tempatan ini membuat mereka bangga dan berterima kasih atas kunjungan ini. Mereka bangga atas kunjungan Bupati mereka yang secara langsung melihat ke lokasi kebun kencur mereka. Dalam kesempatan ini akhirnya mereka pun mengusulkan perbaikan dan pembangunan infrastruktur jalan Poniman menuju komplek perumahan dan kebun mereka.

Atas Kunjungan dadakan ke desa Sei Nyamuk tersebut masyarakat mengucapkan terima kasih kepada orang nomor satu di Rohil ini.

“Kencur membawa berkah, Alhamdulillah dan terima kasih banyak kami sampaikan kepada bapak Bupati Rokan Hilir atas kunjungan nya ke desa kami di jalan Poniman Ujung kep. Sei Nyamuk semoga bermanfaat bagi masyarakat kami, ini merupakan kehormatan bagi kami, sekali lagi kami sampaikan ucapan terima kasih kami kepada rombongan pak Bupati dan camat sinaboi, atas kunjungan, semoga bapak sehat selalu,Aamiin yrb,”tutur salah satu masyarakat Daryamin di halaman medsosnya.

(Andi Gun Riotallo)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed