oleh

Dihadiri Ketua KPU Provinsi Riau , Hari ini Ketua KPU Rohil Buka Rapat pleno Terbuka

Media TrEN RIAU.com, BAGANSIAPIAPI, – Tepat jam 09.46 wib rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan hasil perolehan suara pemilihan umum tahun 2019 tingkat kabupaten Rokan Hilir (Rohil) di buka oleh ketua KPUD Rokan Hilir di jalan Kecamatan Bagansiapapi, Rabu (01/05/2019). Tampak hadir dalam pembukaan rapat pleno KPU Rohil tersebut Kapolres Rohil AKBP Sigit Adiwuryanto, SIK MH, Dandim 0321/Rohil : Letnan Kolonel (lnf) Didik Efendi, SIP, ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir.para saksi, para bawaslu Rohil, para PPK, dan para undangan.

Ketua KPU Rohil Supriyanto menjelaskan bahwa saat ini merupakan tahapan yang penting dalam merekapitulasi  suara. Meskinpun saat ini ada sejumlah kecamatan yang masih dalam penghitungan suara yakni kecamatan Bagansinembah. Sedangkan untuk kecamatan Bangko dan kecamatan Palika hari ini sudah menuntaskannya.

“Tidakperlu m,enunggu semua kecamatan menuntaskan rapat pleno. Rekap yang didahulukan rekap kecamatan yang telah menuntaskan rapat pleno. Tidak ada persoalan rekap belum selesai karena nanti akan menyusul,”ujar ketua KPU Rohil Supriyanto.

Kemudian itu Dia sangat berterima kasih atas kedatangan Ilham Muhammad Yasir, ketua KPU Riau langsung ke daerah Rokan Hilir pada hari pembukaan rapat pleno terbuka rekapitulasi suara ini. Begitu juga kepada Kapolres Rohil dan jajarannya yang telah memberikan pengawasan keamanan dan ketertiban di dalam pelaksanaan pemilu 2019 ini. Hal yang sama juga di ucapkannya kepada dandim 0321/Rohil dan jajarannya yang juga ikut dalam pengamanan kota suara.

Dijelaskannya, pemilu tahun 2019 ini memerlukan ekstra tenaga bagi petugas pemilu dalam pelaksanaan demokrasi. Meskinpun pada akhirnya ada juga yang gugur dalam melaksanakan demokrasi ini.

“Kita berduka atas banyaknya yang meninggal untuk petugas pemilu yakni sekitar 300 jiwa lebih. Untuk di provinsi Riau ada 9 orang ditambah  satu dari bawaslu sehingga menjadi 10 orang di provinsi Riau. Korban meninggal ini adalah sebagai pahlawan demokrasi,”tuturnya.

Dikatakannya, banyaknya petugas pemilu yang meninggal akhirnya menjadi perhatian menteri keuangan RI oleh sebab itu akan diberikan santunan bagi yang sakit maupun yang meninggal.

“Rapat ini bersifat terbuka dan Insha Allah tidak ada persoalan. Jikapun ada maka kita akan selesaikan bersama,”pungkas ketua KPU Rohil.

Sementara itu ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir menjelaskan bahwa pada tahun ini agenda kpu sangat padat sehingga belum sempat menjenguk yang meninggal ataupun yang sakit dalam melaksanakan tugas pemilu.

“Semoga yang gugur dapat di tempatkan di tempat yang baik oleh Allah SWT dan yang sakit cepat disembuhkan,”ujar ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir yang juga mantan wartawan ini.

Pemilu ini adalah hak suara dari masyarakat dengan sistem one man one vote yakni satu orang satu pilihan. Angka yang di peroleh dalam perhitungan merupakan angka hasil pilihan masyarakat. Oleh sebab itu rapat terbuka ini sangat diperlukan pengawasan masyarakat agar dapat berjalan dengan baik.

“Apa Iya ada kecurangan dilakukan di tempat terbuka? Biarlah waktu jualah yang menjawab. Oleh sebab itu melalui kecermatan inilah hasil yang terbaik,”pungkas Ilham Muhammad Yasir.

Penulis/editor : Andi Gun Riotallo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed