oleh

Sembilan Petugas KPPS di Prov Riau Dapat Santunan

Media TrEN RIAU.com, BAGANSIAPIAPI – Petugas KPPS dalam melaksanakan tugas pemilu 2019 banyak yang meninggal dunia. Hal ini disebabkan beberapa sebab, ada akibat menurunnya kesehatan, ada akibat kelelahan dan ada juga akibat sebab lainnya. Begitu juga para petugas KPPS pemilu 2019 di provinsi Riau yang meninggal juga mendapat bantuan santunan dari pemerintah pusat melalui menteri keuangan. Demikian hal ini diungkap ketua KPU Riau  Ilham Muhammad Yasir kepada media Tren Riau.com ketika ditemui di ruangan ketua kantor KPU Rohil jalan kecamatan Bagansiapiapi, Rabu (01/05/2019).

“Kemudian yang terkait jumlah meninggal itu angkanya kurang lebih ada sembilan orang, di bawaslu ada satu,”jelasnya mantan wartawan ini.

Sedangkan yang sakit, tapi yang sakit termasuk kategori yang sudah sehat, lanjutnya mengatakan angkanya sekitar delapan puluh hingga sembilan puluh orang.

Dikatakannya, berkaitan dengan memberikan santunan itu merupakan keputusan pemerintah pusat melalui menteri keuangan yang akan diberikan santunan

“Untuk yang meninggal,  itu kurang lebih 36 juta. kemudian cacat permanen kurang lebih 32 juta kemudian ada kategori lagi , jelasnya yang paling kecil itu angkanya 8 juta,”jelasnya Ilham Muhammad Yasir.

“Ini sudah ada penetapan , kami menunggu informasi kapan akan diberikan kami belum mengetahuinya, tapi kami sudah melaporkan angkanya. Kapan akan dibayarkan kita belum tahu tetapi sudah diminta nomor rekening,”tuturnya mantan ketua AJI Pekanbaru ini, Rabu (01/05/2019).

Sementara informasi yang didapat, besaran santunan dibagi menjadi empat jenis, yaitu meninggal dunia, cacat permanen hingga luka sedang. Jenis kecelakaan kerja yang diberikan santunan, meninggal Rp 36 juta per orang, cacat permanen Rp 30,8 juta per orang, luka berat Rp 16,5 juta per orang dan luka sedang Rp 8,25 juta per orang.

Dalam surat keputusan Menkeu penerima sumbangan merupakan petugas yang mengalami kecelakaan sejak Januari 2019. Selain itu, pembayaran santunan dilakukan dengan memperhatikan prinsip keadilan dan tidak terdapat konflik kepentingan

Selain itu, Ilham Muhammad Yasir juga menjelaskan gubernur Riau juga memberikan bantuan lewat dana sosial provinsi Riau. Namun angkanya belum diketahui berapa besar bantuan yang diberikan.

“Pak Gubernur itu membantu, tetapi untuk yang meninggal saja pak gubernur bantu melalui dana sosial provinsi, tetapi angkanya saya tidak tahu, tetapi sudah menyampaikan akan bantu, tetapi tidak terikat ya……, namanya membantu. , angkanya tidak ditetapkan berbeda dengan pusat yang sudah ditetapkan,”jelasnya.

Petugas KPPS pemilu 2019 yang mengalami sakit ada tersebar di seluruh wilayah provinsi Riau. Sementara petugas KPPS yang meninggal saat pemilu 2019 ini ada di sejumlah wilayah di Provinsi Riau.

“Siapa yang mendapat bantuan saya lupa tapi yang jelas Rohil ada satu, Pekanbaru ada tiga, Bengkalis ada juga, Rohul ada, saya lupa catatannya, sekitar sembilan orang tapi yang paling banyak Pekanbaru,”tandasnya.

Sebelumnya Berdasarkan data dari KPU yang disampaikan Komisioner Evi Novida Ginting Manik, sebagaimana di kutib dari detik.com total ada 287 anggota KPPS dari 34 provinsi yang wafat. Angka itu dikumpulkan hingga pukul 13.00 WIB Minggu (28/4/2019). (AGR)

Penulis/Editor : Andi Gun Riotallo

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed