oleh

Presiden Joko Widodo Cek Beberapa Lokasi Alternatif

Media TrEN RIAU.com, PALANGKARAYA – Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi menaiki helikopter dari Bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya, Rabu pagi  (08/05/2019). Kemudian helikopter mendarat di lokasi yang biasa di sebut ‘kawasan segitiga’ Kalimantan Tengah. Daerah tersebut diantara kota Palangaka Raya, Kabupaten Katingan dan Kabupaten Gunung Mas. Hal ini seperti disampaikan presiden Joko Widodo pada halaman fbnya sebagaimana di kutib media TrEN RIAU.

“Dari Bandara Tjilik Riwut di Palangka Raya pagi ini, saya naik helikopter dan mendarat di sebuah lokasi yang disebut dengan “kawasan segitiga” Kalimantan Tengah. Lokasinya di antara Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Gunung Mas,”jelasnya.

Daerah tersebut saat ini sedang dikunjungi oleh presiden Joko Widodo untuk mencari lokasi sebagai daerah ibukota negara yang baru di daerah luar pulau Jawa. Karena menurutnya dari segi sisi luasnya kawasan untuk pembangunan dan pengembangan ibukota Negara daerah yang dikunjunginya ini sudah siap. Karena disebutnya, pembangunan ibukota negara membutuhkan lahan 300.000 hektar. Sedangkan lokasi yang dikunjunginya ini lebih dari 300.000 hektar lebih pun sudah siap sebagai lokasi ibukota negara. Namun Apakah lokasi ini yang akan menjadi lokasi ibu kota negara yang baru?

“Kalau dari sisi luas kawasan, di sini mungkin paling siap. Butuh 300.000 hektare bahkan lebih pun siap,”terang presiden Joko Widodo.

Tapi, sekali lagi, lanjutnya mengatakan bahwa semua aspek masih dipertimbangkan: masalah sosial politik, lingkungan, kebencanaan, ketersediaan air, konstruksi, dan lain-lain.

“Saya datang untuk melihat langsung beberapa lokasi yang jadi alternatif, agar nanti tidak salah memutuskan. Selain itu, tentu saja ini harus melalui konsultasi dengan DPR,”pungkasnya kemudian. (rls).

Editor :Andi Gun Riotallo

Sumber/foto : hal fb presiden Joko Widodo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed