oleh

Presiden Jokowi : Tahun 2045 Indonesia Menjadi Kekuatan Besar Ekonomi Dunia

Media TrEN RIAU.com, JAKARTA – Pada tahun 2045, tepat satu abad setelah kemerdekaan, Indonesia diperkirakan telah bertransformasi menjadi kekuatan besar ekonomi dunia, empat atau lima besar ekonomi terkuat dunia. Demikian hal ini di ungkap Presiden Joko Widodo alias Jokowi dalam acara Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Nasional 2019 di Hotel Shangri La, Jakarta,Kamis (09/05/2019) kemaren. Jokowi mengatakan visi Indonesia pada 2045 adalah masuk dalam empat atau lima besar negara dengan ekonomi terkuat di dunia.

“Indonesia diperkirakan telah bertransformasi menjadi kekuatan besar ekonomi dunia,  empat atau lima besar ekonomi terkuat dunia,”ujarnya dikutib mediatrenriau di hal fb presiden joko widodo, Jumat (10/05/2019).

Kata Ia, Setidaknya ada tiga persoalan yang harus di selesaikan diantaranya, pembangunan infrastruktur yang merata, reformasi structural untuk peningkatan daya saing, dan pembangunan sumber daya manusia.

Persoalan infrastruktur yang merata, Presiden Jokowi memerintahkan kepada kepala daerah agar dapat menyambung infrastruktur yang telah dibangun oleh pemerintah pusat ke daerahnya masing-masing menuju titik kawasan industri, kawasan pariwisata, kawasan pertanian dan perkebunan serta kawasan sentra industri kecil masyarakat.

Sedangkan persoalan reformasi struktural untuk peningkatan daya saing, Presiden Jokowi berharap masalah kelembagaan dan perizinan agar di sederhanakan sehingga mempermudah izin investasi.

Selanjutnya Persoalan pembangunan sumber daya manusia, Presiden Jokowi menekankan kebijakan meningkatkan SDM di Indonesia dengan adanya pemberian beasiswa dari pemerintah daerah kepada pelajar.

Dihadapan peserta Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2019 ini, Presiden Joko Widodo mengajak semua pihak agar tidak terjebak pada rutinitas. Dia menyemangati untuk menumbuhkan semangat perubahan.

“Masalah dan tantangannya toh sudah kelihatan, tinggal kita mau atau tidak menyelesaikannya,”pungkasnya..

 

Sumber : hal fb presiden Joko Widodo/tempo.co

Editor : Andi Gun Riotallo

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed