BAGANSIAPIAPI, Media Tren Riau.com  – Indikasi program prioritas Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir  berisi program-program untuk mencapai visi dan misi pembangunan daerah. Dalam lima tahun program jangka menengah pemerintah kabupaten Rokan Hilir (Rohil) membangun kawasan-kawasan sentra produksi dan industri sebagai upaya memperkuat struktur perekonomian Kabupaten Rokan Hilir. Hal ini untuk mengantisipasi menurunnya sektor migas. Untuk memperkuat perekonomian maka pemerintah meningkatkan pembangunan kawasan kabupaten Rokan Hilir. Pembangunan kawasan di daerah Kabupaten Rokan Hilir di titik beratkan pada lima lokasi prioritas.

Lima lokasi prioritas (Lopri) tersebut diantaranya di kecamatan Sinaboi, Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika), kecamatan Bangko, Kecamatan Kubu Babusalam (Kuba) dan Kecamatan Pekaitan. Ke-lima lokasi prioritas pembangunan kawasan Kabupaten Rokan Hilir tersebut merupakan daerah perbatasan  yang berbatasan langsung dengan selat Malaka dan Negara Tetangga.

“Sebagaimana kita ketahui , tiga Kabupaten di provinsi Riau merupakan kawasan perbatasan yang berbatasan langsung dengan selat Malaka dan Negara Tetangga. Untuk daerah Kabupaten Rokan Hilir kawasan Perbatasan terdapat di lima kecamatan yaitu kecamatan Sinaboi, Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kecamatan Bangko, Kecamatan Kubu Babusalam dan kecamatan Pekaitan,”ujar Setdakab Rohil Drs H.Surya Arfan,Msi.

Pembangunan kawasan perbatasan tersebut memerlukan koordinasi yang bagus dengan instansi vertikal maupun instansi Pemerintah Rokan Hilir lainnya. Untuk melaksanakan perencanaan pembangunan kawasan perbatasan Rokan Hilir tersebut tentunya perlu saling koordinasi antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dan Organisasi Perangkat Daerah  yang terkait.

Pembangunan kawasan perbatasan tersebut guna merangkai desa-desa yang sebelumnya belum terjangkau disebabkan belum bagusnya infrastruktur jalan maupun jembatan. Oleh sebab itu, pemerintah daerah saat ini menekankan untuk melanjutkan pembangunan kawasan perbatasan di lima titik lokasi prioritas tersebut dengan membangun dan merehabilitasi Kantor Kecamatan, Gedung Sekolah, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Gedung Pertemuan Masyarakat Desa (Pendopo), jalan, jembatan serta sarana dan prasarana lainnya.

“Instansi yang terkait bersama-sama saling koordinasi untuk membangun kawasan kabupaten Rokan Hilir,”tutur Drs H.Surya Arfan,Msi.

Bupati Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) H.Suyatno menegaskan pembangunan di kawasan pesisir tetap menjadi perhatian pemerintah daerah. Tersambungnya jalan perbatasan Sumut-Riau yang akan menghubungkan Kecamatan Panipahan, Rokan Hilir dengan Kecamatan Kampung Rakyat, Labuhan Batu dinilai akan memberi banyak manfaat bagi masyarakat.

“Sebagai orang Rokan Hilir sangat berterima kasih kepada Bapak Gubernur Riau, kami menyampaikan apresiasi, karena pembangunan kawasan perbatasan dan pesisir Rokan Hilir setiap tahun dianggarkan oleh pemerintah Provinsi Riau,” tutur Bupati Suyatno belum lama ini.

Pemerintah Provinsi Riau telah mengalokasikan dana di kawasan pesisir sebesar  Rp76,6 miliar diantaranya  untuk peningkatan pemeliharaan jalan di Kabupaten Rokan Hilir.

Melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemprov meningkatkan ruas jalan Mahato – Simpang Manggala sepanjang 2 Km dengan pagu dana sebesar Rp17,4 miliar, jalan Bagan Siapi-api – Teluk Piayai (Kubu) sepanjang 2,25 Km dengan pagu dana sebesar Rp9,5 miliar dan jalan Panipahan – Teluk Piayi – batas Sumut sepanjang 16,1 Km dengan pagu dana Rp39,5 miliar.

Sementara untuk kegiatan pemeliharaan, juga akan dilakukan pada ruas jalan Mahato – Simpang Manggala dengan target berkala sepanjang 0,6 Km dan rutin 20 Km. Pagu dana untuk pekerjaan ini telah dialokasikan sebesar Rp10,2 miliar.

Pembangunan kawasan pesisir dan perbatasan  dapat merangkai desa-desa yang tidak terjangkau sehingga membuka keterisoliran serta meningkatkan perekonomian masyarakat. Pembangunan yang di galakkan pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dengan membangun daerah perbatasan yakni daerah pesisir, maka tercapai rangkaian infrastruktur jalan di daerah pesisir daerah Rokan Hilir. Rangkaian pebangunan tersebut menghubungkan Labuhan Batu ke kecamatan Kubu Babusalam menuju ke kecamatan Pekaitan melewati jembatan pedamaran 1 dan jembatan pedamaran 2 ke Bagansiapiapi kecamatan Bangko menuju Kecamatan Sinaboi terus menuju ke kota Dumai.

(Advertorial/Humas Pemkab Rohil)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed