oleh

Bupati H.Suyatno Apresiasi Warganya Sukses di Perantauan Ikut Peduli Membangun Kampung Halamannya

Media TrEN RIAU.com , PULAU HALANG – Merosotnya anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Rokan Hilir (Rohil) yang semula Rp 2,7 Triliun menjadi Rp 1,6 Triliun membuat pemerintah daerah Rokan Hilir (Rohil) menyediakan anggaran dengan mengutamakan sekala prioritas.

“Anggaran sebanyak itu harus kita beri untuk 18 kecamatan di wlayah Kabupaten Rokan Hilir. Maka sebab itu lebih diutamakan sekala prioritas, daerah mana saja yang perlu mendapat bantuan,”jelas Bupati Kabupaten Rokan Hilir H.Suyatno, Selasa (21/05/2019) ketika meresmikan puskesmas pembantu (Pustu) hasil dana bantuan dari Kasdi Taman yang kerap disapa Tua Pui Hok, warga Pulau Halang yang sukses di perantauan sebagai pengusaha ikan tuna.

Bupati Rohil H.Suyatno bersama Kasdi taman menandatangai peresmian pustu Pulau Halang atas bantuan dana warga Pulau halang sukses di perantauan, Selasa (21/05/2019) (foto :repro net)

Orang nomor satu di Rokan Hilir (Rohil) ini menyambut apresiasi terhadap Kasdi Tasman yang ikut membantu membangun kampung halamannya yang sangat membutuhkan peningkatan pelayanan kesehatan dan kemajuan daerahnya. Dalam keadaan dan kondisi dana APBD Rohil menurun saat ini, masih ada warga Rokan Hilir yang mau dan ikut memberikan bantuan demi kemajuan kampung halamannya. Dia bahkan menghimbau agar warga perantauan lainnya yang sukses di perantauan dapat ikut serta meningkatkan pembangunan kampung halamannya.

Orang nomor satu di Rohil ini mengakui sejumlah bantuan dari Kasdi Taman terhadap kemajuan kampung halamannya Pulau halang dengan memberikan bantuan membangun rumah ibadah, jalan dan puskesmas dengan uang pribadinya.

Namun dalam kesempatan ini, bupati Rokan Hilir (Rohil) juga tidak menapik Pemerintah juga ikut meluncurkan dana membangun jalan Pulau Halang yang telah konsultasi dengan Dinas PUTR Rohil.

Bupati Rohil H.,Suyatno foto bersama di depan pustu Pulau Halang, Senin (21/05/2019) (foto :repro net)

“Untuk masalah jalan di Pulau Halang, saya sudah konsultasi dengan Dinas PU agar dimasukkan ke anggaran 2020 melalui Musrenbang,” terangnya.

Sedangkan Camat Kubu Babusalam, Ahmad Atin menjelaskan Bupati Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) datang ke Pulau Halang dalam rangka Safari Ramadhan hari ketiga Pemdakab Rohil. Rombongan yang dipimpin Bupati H.Suyatno tersebut merupakan kegiatan perdana safari ramadhan di Pulau Halang karena sebelumnya belum pernah dilakukan. Dalam kesempatan ini sekaligus Bupati Rokan Hilir (Rohil) meresmikan Puskesmas Pembantu (Pustu) yang di danai dari bantuan warga Pulau Halang.

Bupati Rohil H.Sytarno berbincang-bincang setibanya dipulau halang, Senin (21/05/2019) foto repro net

Pembangunan Pustu di Pulau Halang, jalan dan rumah ibadah di danai oleh Tua Pui Hok, warga Pulau Halang sukses di perantauan yang peduli terhadap kemajuan daerah kampung halamannya. Pembangunan Pustu berkisar mencapai dana Rp 800 juta. Disebut camat Kubu babusalam, Dana sumbangan bantuan Tua Pui Hok dan pemuda setempat  kisaran biaya pembangunan pustu, jalan dan rumah ibadah di Pulau Halang sudah mencapai Rp 34 miliar.

Pemuda Pulau Halang yang sukses di perantauan peduli terhadap kampung halamannya mereka memberikan bantuan sumbangan untuk membangun daerahnya agar ketika mereka Pulang ke Pulau Halang sudah ada pembangunan dan kemajuan di daerahnya.

“Pemuda disini sudah merantau puluhan tahun meninggalkan Pulau Halang dan sukses. Mereka peduli terhadap kampung halamannya dan ikut membantu membangun Pulau Halang,”pungkas Ahmad Atin.(***)

Editor : Andi gun Riotallo

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed