oleh

Keluar dari Gudang, Replika Tongkang di Semayamkan di Kelenteng Ing Hok Kiong

Media trenriau.com, BAGANSIAPIAPi – Replika tongkang hendak dikeluarkan dari gudang pembuatannya. Tampak para petugas kepolisian mejaga di setiap persimpangan. Sekira waktu menunjukkan pukul 17.35 wib replika tongkang yang berada di gudang pembuatan  dikeluarkan, Selasa (18/06/2019). Replika tongkang yang telah di hiasi dengan lampu warna warni tersebut keluar dari gudang dengan cara replika tongkang tersebut diikat sedemikian rupa pada dua batang kayu disebelah kiri dan kanan, kemudian diangkat secara bersama-sama oleh etnis tionghoa. Mereka secara semangat persatuan bersama-sama memikul replika tongkang tersebut.

 

“hay ya, hay ya….,”teriak salah seorang melalui toa dengan disambut warga yang memikul replika tongkang tersebut dengan ucapan yang sama.

 

Barisan terdepan replika tongkang di tandai dengan barisan anak-anak warga tionghoa dengan membawa bendera warna warni. Kemudian barisan barongsai di barisan kedua. Selanjutnya seorang warga membawa bendera segitiga warna putih besar, di setiap persimpangan pembawa bendera segitiga ini mengibarkan bendera tersebut dengan melingkari ditengah-tengah pertigaan maupun persimpangan. Barisan selanjutnya barisan pelbagai macam tulisan tionghoa dan miniatur tongkang serta patung kertas yang dibawa oleh masing masing warga.

 

Ratusan warga etnis Tionghoa bersatu memikul replika tongkang dengan satu komando melalui toa oleh salah satu warga. Sementara sejumlah warga melayu dengan berpakaian kaos warna hijau muda tampak membawa bambu panjang untuk menyondol kabel-kabel listrik maupun kabel telepon yang melintang di atas jalan yang dilalui oleh replika tongkang tersebut.

 

Replika Tongkang tersebut di pikul menuju jalan Aman ke jalan Merdeka lalu kejalan sentosa dan selanjutnya ke jalan kelenteng menuju kelenteng tua Ing Hok Kiong. Mereka bersatu dengan komando yang memberikan aba-aba agar replika tongkang tidak rusak oleh kabel kabel melintang.

 

Sekira lima puluh meter dari kelenteng Ing Hok Kiong sejumlah warga tionghoa melemparkan beras di genggamannya kearah replika tongkang.

 

Sekira jam menunjukkan waktu pukul 17.54 wib replika tongkang selesai di tempatkan di bawah tenda di depan kelenteng Ing Hok Kiong. Kemudian para warga tionghoa lainnya memasang meja altar di dekat replika tongkang tersebut. Replika tongkang tersebut di semayamkan hingga besok sore. Malam ini warga tionghoa meletakkan persembahan pelbagai makanan dan minuman  altar dekat replika tongkang. Replika tongkang besok sore  di arak lagi ke area pembakaran untuk dilakukan pembakaran. (Andi Gun Riotallo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed