oleh

Swadana Muallaf Bangun Mesjid 10 M, Bupati Rohil H.Suyatno ,”Orang Bagan di Rantau Peduli Kampung”

Mediatrenriau.com, BAGANSIAPIAPI –  Bupati Rokan Hilir (Rohil) sangat berterima kasih kepada orang bagan yang peduli kampung dengan memberikan sumbangsihnya untuk membangun mesjid laskmana muhammad cheng hoo dikota Bagansiapiapi. Dana Pembangunan Mesjid sebesar 10 Milyar dari dana sumbangan muallaf asal Rohil di perantauan. Demikian di tegaskan oleh bupati H.Suyatno dalam rangka pencanangan peletakan tiang pertama mesjid muhammad cheng hoo di jalan pulau baru Bagansiapiapi, Rabu (19/06/2019).  Hadir dalam pemancangan tiang pancang pertama mesjid laksamana muhammad cheng ho ini mewakili menteri pariwisata RI Staf Ahli bidang multi kultural Menteri Pariwisata Indonesia Dra. Esti Reko Astuti, gubri Drs H.Syamsuar,Msi, anggota DPRD Riau, Forkopimda Riau, Setdakab Rohil, anggota DPRD Rohil, Forkopimda Rohil, pimpinan pratama OPD Rohil, ketua DMI Riau, ketua DMI Rohil, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan tokoh agama.

 

“Rencana pembangunan mesjid laksamana muhammad cheng hoo ini sudah lama digaungkan oleh teman teman, saudara saudara kita yang orang asli bagan yang merantau dan sukses melakukan pelbagai kegiatan di luar provinsi Riau,”kata suyatno .

 

Tentunya pemerintah daerah memberikan apresiasi terhadap pembangunan rumah ibadah kepada saudara kita yang peduli terhadap perkembangan kampung halamannya.

 

“Ini mesjid nuansa tiongkok melayu yang sangat luar biasa pak gubri, mungkin baru pertama sekali di provinsi Riau. Saya sangat bergembira sekali mendapat dukungan dari tokoh masyarakat. Memang segelintir segelintir itu biasalah, yang namanya untuk kebaikan itu ya… saya pikir… ngak ada masalah. Niat kita yang tulus ikhlas, teman teman kita yang sudah mempunyai itikad baik dengan membangun sebuah mesjid ini saya pikir agak sedikit menonjol,”ujar Suyatno.

 

Dia menjelaskan dari bentuk gambar saja orang seakan berasumsi kelenteng namun bangunan ini adalah mesjid perpaduan nuansa tiongkok dan melayu dengan bentuk kubah  sesuai dengan ikon kabupaten Rokan Hilir sebagai negeri 1000 kubah.

Dalam kesempatan ini, dia menegaskan dalam waktu dekat akan mengunjungi batam, untuk memenuhi undangan acara halal bi halal dari ikatan keluarga Rohil di Batam. Oleh sebab itu, dalam kesempatan tersebut akan mengunjungi mesjid ceng hoo yang berada di Batam.

 

“Target kita pembangunan mesjid laksamana muhammad cheng hoo ini selama sembilan bulan,”ujar Suyatno.

 

Dalam kesempatan ini bupati menghimbau keamanan harus selalu dijaga. Oleh sebab itu dalam pelaksanaan pembangunan ini harus mendapat dukungan dari semua pihak untuk menjaga segala alat material pembangunan mesjid. Karena segi manfaat pembangunan mesjid sekaligus tempat wisata religius yang dibarengi dengan promosi produk kuliner dan oleh oleh dari rohil.

 

“Dengan adanya mesjid ini maka pujasera ini akan ramai kembali. Itulah pertimbangan kami kenapa mesjid ini di tempatkan lokasinya disini,”tandas Suyatno.

Penulis/editor : Andi Gun Riotallo

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed