oleh

Bupati Rohil H.Suyatno Apresiasi Kreatifitas Masyarakat Menata Kampung Parit Aman dengan Warna Merah dan Putih

mediatrenriau.com , BAGANSIAPIAPI – Seorang pemuda bernama Wawan dan Penghulu Parit Aman, Supratno telah mampu melakukan komunikasi yang bagus. Mereka mampu menggerakkan pemuda-pemuda dan masyarakat tempatan agar berpartisipasi dalam mempersolek dan menata lingkungan di kepenghuluannya. Kepenghuluan Parit Aman, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau saat ini telah menjadi indah dengan dominan berwarna merah dan putih, sehingga mendapat julukan dan ikon baru sebagai kampung merah putih. Setelah di poles oleh masyarakat, akhirnya kampung Parit Aman  tumbuh dan berkembang menjadi desa wisata yang sekaligus menjadi destinasi wisata desa baru di Kabupaten Rokan Hilir.  Hal ini patut mendapat apresiasi kepada Supratno, Penghulu Parit Aman dan pemuda bernama Wawan yang telah mampu menjalin komunikasi dengan menggerakkan masyarakat demi kemajuan desanya. Demikian  disampaikan oleh Bupati Rokan Hilir (Rohil) H.Suyatno disela-sela kesibukannya mengikuti acara bersama Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo di Jakarta, Rabu malam (24/07/2019) melalui kabag humas dan protokol pemdakab Rohil, Hermanto,S.Sos.

“Dukungan  dari Penghulu dan peran serta  lembaga kemasyarakatan bersama  masyarakat  di Kepenghuluan Parit Aman menjadi modal dasar yang mengantarkan Parit Aman nantinya menjadi Desa Wisata yang pertama di Kabupaten Rokan Hilir,”tutur H.Suyatno.

 

Oleh sebab itu, kata orang nomor satu di Pemerintahan Kabupaten Rokan Hilir ini, Desa Parit Aman tersebut akan dilakukan kegiatan pembinaan dan pendampingan oleh Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, melalui Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Rokan Hilir.

 

“Prakarsa dan peran serta masyarakat di Kepenghuluan Parit Aman sebagai peletakan dasar dalam  pendampingan bagi spirit masyarakat dalam  pengembangan Desa Wisata,”kata H.Suyatno.

 

Terwujudnya Desa Wisata  sangat dipengaruhi oleh keaktifan dan semangat membangun desa yang baik  oleh jajaran lembaga penggerak masyarakat desa beserta masyarakatnya.  Oleh karena itu, Bupati H.Suyatno berharap masyarakat di Kepenghuluan Parit Aman, selaku penduduk Desa yang merupakan tuan rumah bagi para pengunjung, untuk terus berupaya menjaga keamanan dan ketertiban desa. Selain itu, masyarakat senantiasa bergerak untuk  mewujudkan sadar wisata, dengan menerapkan program Sapta Pesona, yakni memujudkan lingkungan desa yang aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan.

 

“Harapan kita hendaknya masyarakat di Kepenghuluan Parit Aman  dapat mengembangkan  kreatifitas khas Desa yang unik, sehingga menjadi daya tarik  orang berkunjung ke Kepenghuluan Parit Aman. Seperti penyajian kuliner yang nyaman, bersih dan hiegenis,”jelas H.Suyatno.

 

Apa yang dilakukan oleh Penghulu Parit Aman dan pemuda bernama Wawan bersama masyarakat di kepenghuluan Parit Aman ini, kata Bupati Rohil,  dapat menjadikan motivasi dan pelopor untuk kepenghuluan lainnya di Kabupaten Rokan Hilir sehingga akan bermunculan Wawan berikutnya.

“Semangat gotong royong merupakan sesuatu yang penting di galakkan kembali. Karena semangat gotong royong merupakan budaya masyarakat desa yang harus dilestarikan,”tandas H.Suyatno. (andy/rilis humas dan protokol pemdakab Rohil)

Editor : Andy Gun Riothallo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed